01 Maret 2019 15:38:09
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa Mulyorejo

Desa Mulyorejo merupakan penggabungan antara Pandean dan Trembul yang sejarahnya/asal mulanya sebagai berikut:

  • Sejarah Dusun Pandean

Pada Zaman dahulu. Pandean adalah merupakan suatu desa kecil yang jumlah KK-nya tidak lebih dari 70 KK, dan ditempat itu ada sebuah sumur yang dinamakaan Sumur Gede dan ada lagi tempat yang sampai sekarang terkenal dengan nama Kalangan.

Disitu ada 2 (dua) buah pande besi yang selalu bersaing dan saling bermusuhan, yang pada akhirnya kedua pande besi itu menantang untuk adu Jago  ditempat yang disebut Kalangan itu, maka dengan adanya kemajuan zaman itu maka tempat itu diberi nama Pandean  yang berasal dari kata Pande yang selalu bermusuhan.

Desa Pandean pada waktu itu di Pimpin oleh seorang Lurah/Petinggi, sebutan sekarang Kepala Desa yang bernama Diso.

  • Sejarah Dusun Trembul

 Pada zaman dahulu ada sepasang suami istri yang bertapa di sebuah Grumbul (semak) \, dengan ditemani saudaranya, pada saat suaminya minta tolong pada saudaranya keluar dari grumbul tersebut minta untuk diambilkankutu pada kepalanya pada saat suaminya keluar dari grumbul tiba-tiba ditempay grumbul tersebut banyak belalang (yang  orang dulu menyebut walang Gambuh), kemudian walang gambuh yang banyak tersebut dipunguti oleh si istri dan ditaruh dalam perut.

Selang kemudian hari sang suami pulang dari pertapaan, menemukan perut si istri  perutnya besar dan dikiranya hamil kemudian si istri di bunuh oleh suaminya menggunakan pusaka bernama Patrem.

Setelah suaminya tahu bahwa istrinya tidak hamil tapi hanya karena ada belalang yang diteruh diperut istrinaya, maka suaminya merasa bersalah yang akhirnya sang suami bunuh diri.

Dari kejadian tersebut akkhirnya disabda bahwa tempat tersebut diberinama Trembul yang berasal dari kata;

  1. Patrem dan Grumbul
  2. Tentreme bertapa di grumbul

Kemudian desa Trembul dipimpin oleh seorang lurah/petinggi yang bernama DILAR.

Lurah/petinggi desa Trembul dan Pandean sebetulnya masih ada ikatan keluarga dan kebetulan keduanya meninggal di tahun yang sama, dari kekosongan lurah/petinggi 2 (dua) desa tersebut, akhirnya Trembul usaha atau gagasan untuk menggabung 2 (dua) desa yaitu desa Trembul dan Desa Pandean menjadi 1 (satu) Desa yang diberi nama Desa Mulyorejo, sedang desa Pandean dan desa Trembul menjadi Dusun.


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus